Tips Perikanan Di Lahan Sempit

cipanasfarmDalam tips perikanan kali ini kami ingin mencoba untuk memberikan solusi bagi masyarakat yang sebenarnya sangat ingin membudidayakan ikan, namun bingung karena keterbatasan lahan. Sebenarnya keterbatasan lahan itu bukan lah sebuah hal yang menyulitkan untuk melakukan budidaya. Hal tersebut sudah terbukti, para kelompok penjaga pintu Jawir, Jakarta Timur pun membudidayakan lele, meskipun lahan yang digunakan itu tidak seberapa luasnya. Mereka itu hanya mengandalkan sebuah bak fiber yang ukurannya 3x5x1 meter. Namun kenyataannya dengan keterbatasan lahan tidak menyebabkan mereka kesulitan dalam berbudidaya lele. Untuk itu, jika Anda ingin memulai usaha dengan mengandalkan ikan lele, bisa mengikuti beberapa tips berikut.

Tips Perikanan Budidaya Ikan Dengan Lahan Terbatas

Ada banyak jenis kolam yang bisa Anda buat di lahan yang sempit, salah satunya itu dengan menggunakan terpal.  Pembuatan kolam menggunakan terpal tentu akan memiliki nilai yang ekonomis untuk membudidayakan lele. Tips perikanan budidaya lele dengan menggunakan terpal ini bisa saja tanpa perlu menggali permukaan tanah. Pasalnya Anda hanya perlu menggunakan kerangka dari bambu, pipa ataupun batako. Kemudian untuk terpalnya sendiri ada baiknya menggunakan yang tipe A5 atau bisa juga A6. Dengan begitu terpalnya bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama atau sekitar 5 tahunan. Kemudian terpal yang umumnya digunakan pun memiliki lebar 6 hingga 8 meter, dan untuk panjangnya itu 8 sampai 12 meter.

Kemudian tips berikutnya, Anda harus meratakan tanah yang akan dijadikan kolam. Cangkul lah dahulu tanahnya, kemudian bagian dasarnya dibuat saluran air tengah. Sehingga nantinya akan memudahkan Anda dalam proses pengeringan air serta pengumpulan ikan ketika waktunya panen. Selanjutnya, Anda harus melapisi tanahnya dengan pasir yang halus. Setelah dilapisi pasir halus sampai rata, Anda pun harus menyiramnya dengan air agar menjadi lebih padat. Untuk ketinggian pasir bagian bawahnya harus sekitar 10 cm. pasir tersebut fungsinya untuk pelapis supaya bagian dasar kolamnya tak modal bocor ataupun cobek ketika diinjak oleh kaki. Tips terakhir, Anda harus membuat penyangga dinding kolam. Penyangga yang bisa Anda gunakan itu seperti anyaman bambu, karung beras yang diisi tanah ataupun semen batako. Itulah tips jika Anda ingin melakukan budidaya lele di lahan sempit. Untuk dapatkan informasi menarik lainnya mengenai tips-tips perikanan, maka bisa langsung saja kunjungi cipanasfarm.com.

Related posts: