Pedoman Menulis Berita Terbaru Bagi Pemula

berita terbaruMenulis berita terbaru memang lumayan sulit dilakukan bagi seorang penulis pemula. Seorang penulis perlu banyak belajar agar dapat berproses menjadi seorang penulis yang handal. Menulis sebuah berita tidaklah sama dengan menulis sebuah tulisan fiksi seperti cerpen, novel, dan puisi. Cerita fiksi dapat ditulis sesuai dengan imajinasi para penulisnya. Namun, dalam menulis sebuah berita sangat diperlukan keahlian dan kejujuran untuk menyajikan sebuah berita yang aktual, terkini, dan dapat dipercaya. Jangan sampai sebuah berita yang disampaikan tidak sesuai dengan keadaan atau fakta yang sebenarnya. Oleh karena itu, terdapat beberapa syarat dan ketentuan dalam menulis sebuah berita agar dapat tersaji dengan baik. Lalu, bagaimana pedoman dasar menulis sebuah berita bagi seorang penulis pemula?

Pedoman Untuk Mempermudah Menulis Berita Terbaru Bagi Penulis Pemula

Sebagai penulis pemula, Anda harus belajar menulis berita terbaru dengan baik dan benar agar nantinya kemampuan menulis Anda akan sebanding dengan wartawan profesional. Untuk mempermudah penulisan sebuah berita, sebaiknya Anda menerapkan rumus 5W+1H yaitu Who, What, When, Where, Why, dan How. Jadi, sebuah berita haruslah memenuhi enam elemen tersebut. Who menjelaskan mengenai siapa yang terlibat dalam peristiwa yang diberitakan. Misalnya seorang pelaku, korban, pemeran utama, figuran atau sebuah lembaga dan organisasi. What menjelaskan mengenai apa saja peristiwa yang terjadi dan dialami oleh tokoh yang dibicarakan. When memuat waktu kejadian, kapan sebuah peristiwa tersebut terjadi. Where menjelaskan mengenai tempat atau lokasi acara dan kejadian yang sedang diberitakan. Why menjelaskan mengapa peristiwa atau kejadian tersebut dapat terjadi, apa saja hal-hal yang menjadi penyebabnya, atau tujuan dari dilakukannya sebuah acara atau kejadian. Dan yang terakhir yaitu How yang menjelaskan mengenai bagaimana proses peristiwa atau acara tersebut berlangsung.

Jadi, sebuah berita yang baik haruslah memuat elemen 5W+1H. Dengan menerapkan elemen tersebut, maka dapat mempermudah penulis pemula untuk menyusun suatu peristiwa menjadi sebuah berita terbaru. Untuk lebih mempermudah penulisan berita, maka dapat dibuat formula penulisan dengan rumus Who does What, When, Where, Why, How. Jadi, siapa melakukan apa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana. Dengan begitu, maka penulisan sebuah cerita dapat dengan mudah untuk dilakukan.

Related posts: