Olahraga Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

tips kesehatanTerdapat banyak pantangan untuk wanita hamil dan menyusui terutama yang melibatkan gerakan fisik. Banyak orang menilai wanita hamil dan menyusui sebaiknya lebih banyak beristirahat, padahal tidak. Meski dalam kondisi mengandung, menyusui atau bahkan setelah melahirkan tidak bukanlah sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Asalkan olahraga dilakukan sesuai dengan kemampuan masing-masing dan jangan terlalu berat. Juga jangan memikirkan program penurunan berat badan karena akan mengurangi produksi ASI. Olahraga sangat bermanfaat karena akan membuat tubuh bugar dan sehat, janin kuat, mencegah risiko komplikasi selama masa kehamilan, mencegah obesitas pada bayi, menurunkan stress, mengurangi selulit, mempercepat proses melahirkan dan juga memperlancar ASI.

Latihan Sederhana Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

ASI memang sangat bermanfaat bagi bayi karena itulah dianjurkan untuk memberikannya secara eksklusif selama 6 bulan untuk memberikan kekebalan tubuh dan menjadi perlindungan terbaik bagi bayi. Ibu menyusui khususnya yang dalam masa nifas dapat melakukan aktivitas sehari-hari seperti latihan beban dengan yang tidak terlalu berat atau melakukan streaching. Jika sudah melalui masa nifas Anda dapat melakukan latihan angkat beban dengan menggunakan buah hati Anda. Hal ini dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan pasca melahirkan. Lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan Anda sebab jika tidak maka akan mempengaruhi tubuh Anda yang masih belum sempurna karena itulah hindari olahraga dengan jenis high impact yang dapat menyebabkan cedera.

Melakukan aktivitas jalan kaki secara rutin keliling kompleks juga dapat dijadikan sebagai latihan kardio selama 30 menit. Anda juga dapat melakukan latihan aerobik dengan melakukan gerakan yang difokuskan pada daerah dada dan divariasikan dengan melatih otot bagian punggung dan pinggang agar tetap tegak untuk menopang payudara Anda yang membesar akibat menyusui. Hindari olahraga yang memiliki gerakan yang mengguncang seperti melompat-lompat karena akan berpengaruh pada payudara yang terasa berat karena terisi ASI dan dapat mengakibatkan puting terasa nyeri bahkan hingga luka. Karena itulah sangat dianjurkan bagi ibu menyusui yang ingin berolahraga menggunakan Bra yang dapat menyangga payudara dengan baik dan nyaman.

Related posts: