Mengetahui Penyebab Lidah Berwarna Putih

tips kesehatanLidah yang berwarna putih tidaklah merupakan ciri dari penyakit serius. Namun pada beberapa kasus, lidah yang berwarna putih ada hubungannya dengan penyakit yang mungkin diderita. Lapisan putih pada lidah dapat muncul karena adanya sisa makanan, sel-sel mati dan bakteri yang bersarang dan tersangkut di antara papila. Hal tersebut dapat membuat lidah kadang-kadang meradang. Lidah yang berwarna putih mempunyai kesan yang mengkhawatirkan dan berbahaya. Jika Anda menjumpai lidah yang demikian maka jangan khawatir karena hal tersebut biasanya tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara. Akan tetap pada sebagian lainnya lidah yang berwarna putih dapat menjadi tanda adanya penyakit serius seperti adanya infeksi dan pra kanker.

Mengetahui Kondisi Kesehatan Melalui Lidah

Kondisi lidah yang berwarna putih dapat menjadi penyebab seseorang mengalami leukoplakia. Penyakit ini mempunyai ciri-ciri adanya bercak-bercak putih di mulut dan juga lidah. Adanya bercak di mulut dan lidah disebabkan karena adanya sel yang terlalu banyak dan protein keratin di mulut dengan jumlah yang lumayan besar. Leukoplakia dapat dijumpai pada perokok dan yang minum alkohol. Bercak putih akibat leukoplakia tidak dapat dihilangkan dengan cara dikorek ataupun disikat. Jika penyakit ini dibiarkan bertahun-tahun tanpa adanya penanganan maka dapat berbahaya dan dapat menjadi kanker. Jika menemui gejala seperti tersebut Anda dapat segera mengonsultasikannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Warna putih pada lidah juga dapat disebabkan karena geographic tongue. Geographic tongue merupakan kondisi dimana papila yang seharusnya ada di permukaan lidah hilang dan terlihat seperti pulau berwarna merah halus yang mempunyai pinggiran berwarna putih. Penyebab penyakit ini belum diketahui, hanya saja kemungkinan disebabkan oleh genetik.  Kemudian penyakit lainnya pada saat lidah berwarna putih adalah oral lichen planus. Penyakit ini disebabkan karena gangguan sistem kekebalan tubuh jangka panjang. Penyakit tersebut menimbulkan garis-garis berwarna putih yang ada di mulut dan juga lidah. Kondisi tersebut dapat menyebabkan adanya rasa seperti terbakar, perih, mulut tidak nyaman, gusi merah serta plak. Demikian informasi mengenai lidah yang berwarna putih, semoga bermanfaat.

Related posts: