Makna Mendalam Rukun Islam

rukun islam

Agama Islam adalah agama seluruh alam atau rahmatanlila’lamin yang ada di bumi ini. Agama ini lahir untuk membawa kedamaian yang mana dalam agama ini juga dikenal beberapa aturan yang harus diperhatikan. Aturan mendasar yang harus diketahui oleh orang beragama Islam adalah rukun Islam dan juga rukun iman yang tak sekedar berada di ucapan dan juga ingatan semata namun, harus dimaknai secara mendalam dan juga diaplikasikan dalam kehidupan. Banyak orang mengaku Islam dan juga hafal urutan rukun Islam namun tak paham makna yang sesungguhnya tertuang dalam aturan tersebut. Sehingga perlu dikaji lebih mendalam terkait makna rukun Islam yang sesungguhnya agar tak hanya mendarat di lisan dan juga hafalan semata.

Makna Mendalam Rukun Islam Yang Harus Digenggam

Makna mendalam rukun Islam yang 5 ini harus dikaji satu demi satu poin yang tak bisa dilepaskan antara hubungan yang satu dengan yang lain. Pertama, adalah syahadat yang mana merupakan dasar agama Islam. Orang-orang seharusnya tak hanya menjadikan kalimat ini mendarat di lisan saja namun, juga harus dibenarkan dalam hati, dan juga perbuatan kita. Kita semua harus yakin jika tidak ada Tuhan selain Allah dan juga harus meyakini jika Nabi Muhammad SAW merupakan utusan Allah. Tak hanya berhenti di situ saja, Karena orang Islam juga harus mendirikan sholat yang merupakan tiang agama serta amalan pertama yang akan dihitung di akhirat kelak.

Setelah itu, zakat juga menjadi bagian dari rukun Islam yang harus dijiwai dan juga dilaksanakan untuk menyucikan harta dan diri semua pribadi masing-masing. Puasa wajib juga harus dilakukan sebagai orang Islam dan bagi yang mampu, maka diwajibkan untuk menjalankan ibadah haji yang merupakan penyempurnaan rukun Islam. Masih penasaran akan maknanya secara mendalam? Dan juga berbagai macam pengetahuan tentang Islam yang sangat bermanfaat bagi hidup di dunia dan di akhirat? Maka kunjungi saja pondokislami.com yang merupakan situs yang menyediakan pengetahuan Islam terlengkap yang bisa menambah keimanan serta pengetahuan Anda.

Related posts: