Langkah Pembuatan Esai Yang Sederhana

Denny JA

Bagi anak sekolahan atau mahasiswa/i pasti sudah mengenal apa itu esai. Pasalnya meskipun essai terlihat sederhana dan berisikan tulisan saja, namun ketahuilah bahwa sebenarnya dibalik penulisan essai terdapat banyak manfaat. Contoh dari manfaat yang pertama adalah, menimbulkan kreativitas. Dengan begitu orang yang memiliki kreativitas tinggi pasti akan lebih pintar. Meski begitu ada juga beberapa orang yang sering menganggap bahwa essai tidak ada manfaatnya, pasalnya hanya merangkai kata demi kata. Namun Anda perlu pikir kembali, jika memang tidak bermanfaat, buat apa sekarang sudah mulai banyak sekali lomba-lomba untuk membuat essai. Hal tersebut tidak akan mungkin diadakan tanpa adanya manfaat atau tujuan.

Beginilah Caranya Untuk Membuat Esai

Bagi yang belum terbiasa dalam membuat sebuah esai memang akan merasa kesulitan. Pasalnya mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan pertama kali. Nah jika Anda pun mengalami kebingungan maka berikut ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Sebelum mulai menulis essai maka Anda harus menentukan temanya terlebih dahulu. Inilah yang memakan waktu cukup banyak. Pasalnya kebanyakan orang pasti akan kebingungan dalam memilih tema yang akan dijadikan essai. Langkah kedua, Anda harus membuat out line ataupun garis-garis ide yang nantinya akan Anda bahas. Ini merupakan hal yang perlu Anda lakukan agar bisa lebih mudah dalam mengembangkan kata-kata dalam essai.

Langkah yang ketiga, Anda harus bisa menuliskan pendapat dalam kalimat singkat namun jelas. Sehingga para pembacanya tidak akan merasa bingung untuk memahami setiap kata yang Anda tulis. Selain itu dalam menuliskan tubuh essai, Anda harus memilih nilai-nilai yang penting saja, jangan semua nilai Anda sebutkan. Kemudian jangan lupa pula untuk membuat sejumlah sub tema agar lebih memudahkan para pembacanya dalam memahami maksud gagasan yang Anda tulis. Jika sudah membuat sub tema maka Anda harus mengembangkannya. Langkah berikutnya, buat paragraf pertama yang merupakan pendahuluan. Setelah itu tuliskan juga kesimpulan yang berupa opini pembaca, ini merupakan tugas yang cukup penting bagi penulis esai.

Related posts: