Kegiatan Pasar Dalam Memperlakukan Harga Barang

HargaRuang Lingkup pasar ditinjau dari pelaku usaha dan kegiatannya terbagi atas 4 kategori, yaitu monopoli, oligopoli, monopsoni, oligopsoni. Sedangkan dari segi ruang lingkup praktek kerjanya terdiri dari kegiatan penetapan harga barang atau lainnya, penetapan wilayah, pemboikotan, kartel, trust, integrasi vertikal, perjanjian tertutup, perjanjian dengan pihak luar negeri, penguasaan pasar, persekongkolan, dan posisi dominan. Badan pemerintah yang mengawasi segala kegiatan pasar ini adalah KPPU atau Komisi Pengawas Persaingan Usaha yang bertanggungjawab langsung kepada Presiden. Diangkat berdasarkan pada keputusan DPR yang merujuk pada dasar hukum Undang-Undang No.5 tahun 1999. Tugas dan wewenang KPPU diatur dalam pasal 35 dan pasal 36 dalam UU No. 5 tahun 1999.

Kategori Pasar Dan Kegiatannya Terhadap Harga Barang

Namun semua kegiatan usaha dan kategori jenis kegiatan pasar tersebut di atas hampir semuanya dilarang oleh pemerintah. Ada juga yang diperbolehkan tetap berjalan yaitu monopoli yang hanya berkegiatan dalam tiga kondisi. Ketiga kondisi tersebut adalah monopoli by law, monopoli by nature, dan monopoli by lisence. Monopoli by law diartikan monopoli yang dilakukan oleh negara atas cabang-cabang usaha yang produksinya penting bagi negara dan hajat hidup orang banyak. Monopoli by nature lahir dan terbentuk secara alamiah karena didukung oleh suatu iklim atau lingkungan. Sedangkan monopoli by lisence adalah ijin atas penggunaan hak kekayaan intelektual. Perusahaan monopoli biasanya menetapkan harga barang atau harga lain produksinya untuk menekan hadirnya perusahaan lain yang mencoba masuk pasar.

Walaupun perjanjian dan kegiatannya dilarang oleh pemerintah, namun perusahaan-perusahaan berjenis tersebut tetap bisa beroperasi dengan syarat dikombinasikan dengan ketentuan jenis kegiatan pasar lain. Misalkan oligopoli disandingkan dengan ketentuan aturan mengenai kartel. Karena praktik oligopoli pada umumnya berupaya menahan perusahaan lain yang berpotensi masuk ke dalam pasar. Oligopoli bertujuan agar dapat menikmati laba normal dengan menetapkan harga barang dalam harga jual terbatas, sehingga kompetisi harga diantara pelaku usaha yang sama menjadi tidak ada. Contoh perusahaan yang berpraktik oligopoli adalah industri semen, industri kertas, dan industri mobil.

Related posts: