Karakteristik Gambar 3d

gambar 3DGambar 3D ini sendiri diartikan sebagai perkembangan dari gambar 2D. Merupakan adanya dimensi tebal pada gambar sehingga menjadikan gambar jauh lebih nyata jika dibandingkan dengan gambar 2D. Biasanya gambar ini dinyatakan dalam 3 sumbu yaitu  sumbu X, Y, dan Z. Hal ini adalah sebagai bentuk representasi dari data geometrik 3D sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga dimensi sendiri biasanya ditangani dalam pembuatan desain grafis. Konsep dari tiga dimensi ini sendiri menunjukkan sebuah objek atau ruang yang memiliki tiga dimensi geometris yang terdiri dari kedalaman, lebar, dan tinggi. Contoh benda tiga dimensi ini sendiri bisa kita lihat dari bola, piramida, ataupun bangun ruang yang lainnya. Semua gambar tersebut bisa dikategorikan sebagai gambar yang punya karakter 3D.

Bagaimana Karakteristik Gambar 3d Tersebut?

Pada sejatinya tiga dimensi adalah gambar yang mengacu pada bentuk tiga dimensi spasial, yang menunjukkan suatu titik koordinat Cartesian dengan disimbolkan huruf X, Y, dan Z. Aplikasi penggunaan tiga dimensi ini biasanya digunakan di berbagai bidang dan sering dikaitkan dengan hal-hal yang lain seperti spesifikasi kualitatif tambahan (misalnya kacamata 3D, gambar dari 3D, film 3D, suara 3D, video 3D). Hal tersebut menjadikan tiga dimensi semakin aplikatif dalam berbagai macam penerapannya baik itu di bidang televisi, film, desain, fotografi, dan lain sebagainya. Yang terpenting di sini adalah gambar tersebut tidak kehilangan karakteristiknya sebagai gambar 3D. Sehingga nantinya orang tidak akan salah penafsiran terkait objek yang ditempati tiga dimensi ini.

Macam-macam gambar yang bisa dibuat tiga dimensi diantaranya ada kotak, silinder, piramida, kubus, balok, dan masih banyak lagi. Berbagai macam bangun ruang tersebut masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga nantinya ketika kita mau kasih tembakan 3D pada salah satu bangun ruang tersebut maka karakteristik serta gambar yang dihasilkan juga berbeda-beda. Hal tersebut menjadikan dunia desain semakin aplikatif dan variatif sehingga daya kreativitas kita bisa berkembang dalam menggambar gambar 3D.

Related posts: