Inilah Kelompok Dari Rangkaian Elektronika

rangkaian elektronikaDi dalam kehidupan kita sehari-sehari sering sekali kita menjumpai rangkaian elektronika. Entah itu dirumah, di pusat perbelanjaan, perusahaan atau industri besar, di perkantoran maupun di jalan raya. Sebenarnya apa sih itu elektronik? Elektronik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang alat listrik baik itu arus yang dioperasikan dengan cara mengontrol  partikel bermuatan listrik ataupun suatu aliran elektron dalam berbagai alat sebagai contoh komputer, termokopel, peralatan elektronik, semikonduktor dan sebagainya. Adapun contoh lainnya dari sebuah peralatan elektronik yang sering kita jumpai adalah radio, televisi, telepon, printer, lampu penerang jalan yang sering kita jumpai di jalan raya dan masih banyak lagi. Macam-macam alat elektronik tersebut mempunyai fungsi atau kegunaan yang berbeda. Kegunaan dari TV  sebagai media pemberi informasi dalam bentuk gambar dan suara. Rata-rata semua orang mempunyai alat elektronik tersebut. Selain itu kegunaan dari alat elektronik seperti komputer ini diperuntukkan sebagai alat untuk mengolah data, menyimpan data dan sebagai alat pengendali (kontrol) . Akan tetapi di satu sisi manusia hanya mengetahui elektronik dari sisi bagian luarnya saja. Padahal kita juga harus mengenal juga bagian dalam atau komponen elektronika apa saja yang terdapat di dalamnya.

Berikut Ini Dua Jenis Kelompok Rangkaian Elektronika

Tahukah kamu bahwa peralatan elektronika tidak dapat bekerja jika tidak ada komponen- komponen seperti resistor, kapasitor, induktor, diode, transistor, integrated circuit, saklar (switch). Pada dasarnya dalam suatu bidang elektronik memiliki dua jenis komponen yang dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu : komponen aktif dan komponen pasif. Dua jenis komponen tersebut harus ada di dalam setiap rangkaian dari elektronika.

Berikut ini merupakan penjelasan dari dua kelompok jenis elektronika.

  1. Komponen aktif merupakan salah satu jenis rangkaian elektronika yang membutuhkan arus listrik yang dimanfaatkan agar alat elektronika dapat bekerja dalam suatu komponen elektronika. Adapun contoh dari komponen aktif tersebut yang perlu kita ketahui adalah IC, transistor dan lampu tabung.  Dalam komponen aktif ini besarnya arus panjang dapat berbeda-beda untuk pada komponen aktif
  2. komponen pasif merupakan suatu jenis komponen elektronika yang system kerjanya tanpa memerlukan arus listrik. Contoh dari komponen pasif yaitu transformator atau trafo resistor, diode dan kapasitor, dll.

Demikian penjelasan mengenai 2 jenis kelompok dari rangkaian elektronika. Semoga dapat menambah wawasan Anda mengenai komponen-komponen pada elektronika.

Related posts: