Cari Tahu Efek Samping Makan Wortel

Efek sampingWortel merupakan salah satu sayur berbentuk umbi yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Pada umumnya wortel ini dijadikan sebagai bahan sayuran. Kandungan dari wortel itu sendiri ialah karbohidrat dalam jumlah yang besar. Selain itu rasa manis yang diberikan akan membuat banyak orang menyukai sayuran umbi ini. Wortel sangat baik untuk menjaga kesehatan mata bila dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang. Selain itu manfaat lain dari wortel ini ialah dapat mencegah sembelit. Sehingga dengan mengonsumsi wortel ini segala masalah mengenai susah buang air besar akan segera teratasi. Berbeda halnya bila Anda mengonsumsi wortel ini dalam jumlah yang berlebihan. Tentu saja seperti yang telah Anda ketahui bahwa apapun jenis makanan yang dikonsumsi secara berlebih justru akan dapat mengakibatkan efek yang negatif bagi tubuh. Dengan demikian Anda juga harus mengetahui berbagai jenis efek samping yang negatif yang disebabkan karena terlalu banyak memakan wortel.

Apa Saja Efek Sampingnya?

Bagi Anda yang gemar memakan sayuran wortel ini, kiranya Anda juga perlu memperhatikan dan berhati-hati serta mengontrol diri Anda supaya tidak mengonsumsi terlalu banyak. Sebab efek negatif yang bisa ditimbulkan ialah carotenemia. Tahukah Anda apa itu carotenemia? Menurut definisinya carotenemia ialah sebuah kondisi dimana kandungan karotin larut di dalam lemak dalam kadar yang berlebihan. Efek samping yang ditimbulkan ini pada umumnya akan merubah warna kulit menjadi kuning atau orange. Biasanya hal tersebut terjadi ada bagian tubuh kulit di telapak kaki, telapak tangan, bagian lutut dan juga pada bagian hidung. Dengan demikian Anda harus mengonsumsinya secara seimbang.

Meskipun efek samping tersebut tidak begitu berpengaruh terhadap kesehatan jiwa, namun bila penampilan kulit Anda berubah secara drastis tentu akan membuat Anda pribadi menjadi tidak wajar. Dengan demikian Anda akan merasa tidak percaya diri. Namun hal tersebut lebih sering terjadi pada anak dan bayi. Dengan begitu Anda juga harus mengontrol buah hati Anda untuk mengonsumsi wortel ini dalam porsi yang cukup dan seimbang. Sekian dan terima kasih.

Related posts: