Cara Mencegah Penyakit Campak

tips kesehatanPenyakit campak merupakan penyakit yang biasanya menimbulkan semacam bintik-bintik merah pada kulit dan disertai dengan demam, panas, dan juga mual. Hal ini biasanya sering kali dialami oleh anak-anak kecil. Bahkan penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang menular. Cara terbaik untuk mencegah terjadinya penyakit campak tentu saja dengan melakukan tindakan imunisasi, selain itu Anda juga bisa memberikan vaksin khusus campak agar anak Anda tidak terkena penyakit campak tersebut. Namun, campak ini juga bukan hanya diderita oleh anak-anak kecil saja, bahkan orang dewasa pun juga bisa terkena penyakit campak tersebut seperti seseorang yang sudah memiliki penyakit kronis yang cukup parah dan juga seseorang yang kurang memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Tips Mencegah Terjadinya Penyakit Campak Bagi Anak Kecil

Ada beberapa hal mudah yang bisa Anda lakukan jika anak Anda menderita penyakit campak, diantaranya yaitu:

  1. Mengkonsumsi banyak air putih.

Hal pertama yaitu dengan mengkonsumsi banyak air putih. Air putih ini merupakan minuman yang sangat menyehatkan, apalagi minuman air putih ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit baik itu penyakit campak, penyakit jantung, penyakit maag, dan lain sebagainya.

  1. Perbanyak istirahat.

Hal yang kedua yaitu dengan memperbanyak istirahat, terapkanlah pola tidur yang sesuai dengan jam tidur yang memang disarankan yaitu selama 8 jam. Usahakan bagi anak Anda yang masih tergolong balita, untuk menjaga agar terhindar dari dinar matahari secara langsung, karena matanya yang masih sangat sensitif.

  1. Minum obat.

Hal berikutnya yaitu dengan meminum obat yang sudah diberikan oleh dokter, karena penyakit campak ini biasanya disertai dengan demam, maka Anda bisa memberikannya obat penurun panas maupun obat pereda demam.

Jadi, itulah sebagian tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga anak Anda agar tidak terkena penyakit campak. Bagi calon ibu yang belum melahirkan, maka memang akan sangat disarankan untuk suntik campak terlebih dahulu untuk mengantisipasi anak Anda apabila terkena campak. Lakukan imunisasi juga sesuai dengan umur anak Anda, dan juga berikanlah makan-makanan yang menyehatkan seperti perbanyak konsumsi buah, sayur, dan juga air putih.

Related posts: