Budidaya Jangkrik Dengan Metode Termudah

Budidaya JangkrikBudidaya jangkrik adalah sebuah usaha yang terbilang menjanjikan, terutama bagi Anda yang merupakan pencinta burung. Ternak jangkrik ini memang sudah sempat booming, namun kemudian redup. Meskipun begitu bukan berarti Anda tidak bisa menangkap peluang usaha tersebut, bukan? Jangan khawatir, meski usaha tersebut sudah mulai meredup namun Anda bisa menghidupkan kembali keboomingannya. Sekalipun Anda adalah pemula dalam budidaya serangga jangkrik, semuanya akan berjalan lancar jika menggunakan beberapa tips dari kami berikut ini.

Tips Sederhana Dalam Budidaya Jangkrik

Tips paling utama dalam budidaya jangkrik yaitu, menyiapkan sarana dan juga peralatan untuk kandang jangkrik. Dikarenakan jangkrik itu akan melakukan berbagai kegiatan ketika sudah malam hari, kandangnya pun jangan sampai diletakkan di tempat yang mudah terkena sinar matahari. Selain itu jika memungkinkan, Anda harus menaruh lumpur sawah serta dedaunan kering di kandangnya. Dengan begitu akan mendekati habitat aslinya, dan membuat jangkrik merasakan nyaman. Tips kedua, pembibitan jangkrik. Jika ingin membudidayakan jangkrik yang sehat, maka Anda pun perlu memilih bibit yang sehati juga. Induk jangkrik akan lebih baik jika berasal dari alam bebas. Sehingga ketahanan tubuhnya tidak perlu dikhawatirkan lagi. Kemudian jangkrik yang berasal dari alam bebas akan lebih agresif. Sehingga bisa menghasilkan anakan yang jumlahnya lebih banyak.

Tips ketiga, lakukan pemeliharaan jangkrik. Pemeliharaan jangkrik merupakan hal yang wajib untuk dilakukan agar semua jangkrik tidak terkena racun ataupun zat yang berbahaya. Kemudian bagi anakan jangkrik yang umurnya baru sehari sampai 10 hari, harus diberikan makan voor. Voor ini merupakan makanan untuk ayam yang terbuat dari kedelai, jagung kering dan beras merah yang ditumbuk atau dihaluskan. Namun untuk jangkrik yang sedang dalam tahap penjodohan harus diberikan makanan yang berbeda seperti, jagung muda, wortel, sawi, kemudian daun singkong dan juga kacang tanah. Tips terakhir dalam budidaya jangkrik adalah pemeliharaan kandang. Setiap kandang jangkrik harus disediakan air di dalam kaleng, kemudian 2 hari sekali harus selalu diganti, kemudian kelembapan kandangnya pun wajib diperhatikan.

Related posts: