Budidaya Cabe Rawit Secara Sederhana

budidaya cabeBudidaya cabe rawit merupakan hal yang menyenangkan. Anda dapat menanam cabe secara sederhana dengan cara menanamnya di pot. Selain sebagai hobi, menanam cabai di pot juga sangat bermanfaat karena dapat memenuhi kebutuhan dapur. Hal tersebut tentu dapat mendatangkan keuntungan. Cabai merupakan anggota dari genus Capsicum. Sebagian besar orang menyukai rasanya yang pedas, sehingga cabai ini banyak digunakan sebagai bumbu wajib di setiap masakan. Di Indonesia terdapat beberapa jenis cabe, yaitu cabe hijau, cabe merah, cabe merah dan cabe keriting. Kebanyakan orang-orang lebih menyukai cabe rawit karena mempunyai rasa yang sangat pedas.

Budidaya Cabe Rawit Mudah dan Sederhana

Anda dapat menanam cabe sendiri di rumah. Jika Anda ingin budidaya cabe rawit atau menanam cabe sendiri di rumah Anda dapat melakukan pembenihan terlebih dahulu, untuk itu Anda harus memilih benih yang unggul dan tidak berpenyakit. Jika Anda menginginkan benih yang bagus, Anda dapat menggunakan benih cabe rawit atau keriting dari PT. Natural Nusantara (NASA). Anda dapat membeli Benih Cabe Keriting Kawat atau Benih Cabe Rawit Genie. Setelah mendapatkan benih yang bagus, Anda dapat melakukan penyemaian, karena benih cabe harus disemaikan terlebih dahulu sebelum ditanam di pot. Penyemaian dilakukan dengan tujuan agar menyeleksi bibit cabe dan juga dapat membantu mempercepat pertumbuhan dalam pot.

Setelah Anda menyemaikan bibit cabe, Anda dapat menyiapkan media tanam. Anda dapat menggunakan media tanam polybag, pot atau wadah bekas yang mempunyai diameter minimal 30 cm. Untuk pot Anda harus melubanginya terlebih dahulu sebagai drainase air. Setelah itu Anda dapat mencampur tanah, pupuk kandang, arang dan sekam padi dengan perbandingan 1:1:1. Kemudian ayak semua bahan hingga rata, setelah itu tambahkan pupuk NPK 3 sendok pada setiap pot. Setelah siap, Anda dapat meletakkannya di tempat atau area yang tidak ada genangan air. Setelah 20-30  hari penyemaian dan telah tumbuh bibit cabai dengan 4-5 helai daun, Anda dapat menanamnya di pot dengan melubangi tanahnya sekitar 5-7 cm. Demikian cara budidaya cabe rawit yang mudah dan sederhana.

Related posts: