Berbagai Persiapan Sebelum Donor Darah

kesehatanDonor darah merupakan proses pengambilan tranfusi dari satu orang dan nantinya transfusi tersebut akan di transfusi kepada pasien yang membutuhkan. Kebanyakan orang masih belum tertarik untuk melakukan hal tersebut disebabkan karena rasa takut terhadap prosesnya yang menggunakan jarum suntik. Namun, siapa sangka jika kegiatan donor ternyata memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, hal tersebut juga merupakan perbuatan yang sangat mulia karena membantu kepada sesama yang sedang membutuhkan. Sebelum melakukan proses donor, biasanya seseorang calon donor akan diperiksa dahulu mengenai kesehatannya dan kondisi tubuhnya, seperti berat badan dan kadar hemeglobin dalam tubuh. Saat seseorang memenuhi kualifikasi, maka dia dapat segera mengikuti proses donor lebih lanjut. Namun, bagi seseorang yang belum memenuhi kriteria calon pendonor yang baik maka tidak bisa melanjutkan proses donor.

Persiapan Yang Tidak Boleh Terlewatkan Sebelum Donor Darah

Agar bisa memenuhi kualifikasi sebagai pendonor yang baik, maka ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum menjelang hari H dilakukannya kegiatan donor darah. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti bayam, daging, dan kacang-kacangan.
  2. Jangan begadang dan istirahat dengan cukup
  3. Memperbanyak minum air putih sehingga sirkulasi hemoglobin semakin lancar
  4. Hindari makanan dan minuman beralkohol serta obat-obatan
  5. Jangan mengonsumsi kopi dan teh secara berlebihan
  6. Saat 3 jam sebelum proses donor berlangsung, sebaiknya pendonor makan makanan ringan seperti roti, sereal, atau buah-buahan sehingga dapat menjaga kestabilan gula darah serta mencegah terjadinya dehidrasi.

Itulah 6 cara yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan donor darah. Dengan melakukan hal tersebut, maka kesehatan Anda akan semakin terjaga dan nantinya dapat lolos kualifikasi sebagai pendonor yang baik. Setelah melakukan donor, sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi air putih dan menghindari berbagai macam olahraga atau aktivitas yang terlalu berat. Selain itu, Anda juga harus memperbanyak istirahat untuk mengembalikan kondisi tubuh agar kembali fit dan siap melakukan aktivitas lainnya.

Related posts: