Abses Obat Luka Bernanah Dan Penanganannya?

obat luka bernanahLuka yang timbul karena adanya benda asing masuk ke dalam tubuh sehingga mengakibatkan munculnya bakteri yang berdiam pada suatu jaringan tubuh. Luka tersebut bisa bermacam-macam tapi jika parah akan menimbulkan nanah dan meradang karena itulah butuh obat luka bernanah sehingga radang akan mereda dan nanah mudah untuk keluar. Meskipun banyak sekali obat yang beredar namun ada baiknya untuk mengobatinya sendiri di rumah. Sebab bagaimanapun luka bernanah dapat ditangani secara sendiri tanpa bantuan dokter kecuali luka tersebut tidak kunjung sembuh. Karena luka nanah bisa sembuh dengan sendirinya hingga 1 minggu ke depan. Jika lebih dari itu maka Anda harus segera menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut dan mengetahui penyebabnya.

Obat Luka Bernanah Dan Penanganannya

Luka bernanah memang mengganggu aktivitas dan rasa tidak nyaman pada area luka tersebut, karena itulah butuh obat luka bernanah yang dapat menyembuhkan radang sekaligus lukanya. Jika Anda ingin melakukannya sendiri dirumah maka harus memperhatikan hal sebagai berikut, yang pertama adalah untuk menyiapkan kain halus yang bersih jika perlu yang baru. Kemudian bersihkan luka dengan menggunakan cairan antiseptik yang berguna untuk membunuh kuman dan bakteri. Lalu kompres luka dengan kain yang telah direndam dengan air hangat. Anda juga bisa mengonsumsi obat antibiotik untuk membantu dalam membunuh bakteri dari dalam. Hal ini bisa dilakukan pada luka yang belum terlalu parah.

Jika sudah parah biasanya dokter akan melakukan MRI, X-ray atau CT Scan juga melakukan tes darah untuk mencari adanya infeksi lain. Namun ada juga luka nanah yang memerlukan penanganan khusus secara medis. Jika luka nanah sudah mengering namun menjadi koreng kompreslah dengan menggunakan air dingin kemudian bersihkan luka dari kulit yang mengering menggunakan pinset yang telah disterilkan untuk mencegah bakteri baru. Ketika luka telah bersih maka segera beri obat luka bernanah dan tutup luka dengan perban dan ganti perbannya setiap hari. yang perlu diingat adalah untuk jangan mengorek dan mengelupas kulit luka yang mengering menggunakan tangan yang kotor.

Related posts: